1.2 Sejarah
Super Indo berkembang di Indonesia sejak tahun
1997. Menurut data dari situs web resmi Super Indo hingga akhir tahun
2012, Super Indo telah memiliki 103 gerai yang sebagian besar berada
di Pulau Jawa
dengan jumlah 5.400 karyawan
terlatih. Setiap gerai umumnya menyediakan beragam produk kebutuhan
sehari-hari.
Super
Indo merupakan jaringan ritel
internasional
Delhaize
Group, sebuah perusahaan
ritel produk pangan berpusat di Brussel,
Belgia
yang beroperasi di tiga benua dan
sebelas negara (Belgia,Amerika
Serikat,
Romania,
Yunani,
Luksemburg,
Indonesia, Serbia, Bulgaria, Bosnia
dan Herzegovina, Montenegro,
serta Albania).
Delhaize Group membeli 51% saham Super Indo pada tahun 1997.
Delhaize Group tercatat di bursa
saham Euronext (Euronext: DELB)
dan Bursa
efek New York (NYSE: DEG).
Delhaize Group memiliki lebih dari 3.451 gerai pada akhir 2012. Super
Indo memiliki private
brand "365"
dan diluncurkan pada tahun 2006 dan telah memiliki lebih dari 140
jenis produk.Super Indo memiliki motto "Lebih segar, lebih
hemat, lebih dekat."
Pembahasan
Pada
kali ini saya akan meneliti toko Super Indo yang berada di cabang
Bekasi. Hingga saat ini di lokasi Bekasi terdapat 17 cabang gerai
Super Indo yang telah dibuka. Gerai yang ada di Bekasi berlokasi di
Jatikramat,
Jatimakmur,
Jatibening,
Kincan,
Jaka Sampurna,
Kalimalang,
Metropolitan Mall,
Borobudur,
Satria Square,
Cerewet,
Bulak Kapal,
Kaliabang,
Jababeka,
Pondok Ungu,
Taman Harapan Baru,
Mangun Jaya,
Tambun.
Lokasi
yang di gunakan sangatlah startegis, dimana gerai Super Indo mudah di
jumpai di daerah Bekasi. Dengan jumlah gerai yang cukup banyak serta
lokasi yang mendukung, diperkirakan banyak konsumen yang sering
berbelanja di Super Indo. Produk merek toko Super Indo dihadirkan
untuk menambah pilihan berbelanja bagi konsumen dengan produk hemat
yang berkualitas dari merek Super Indo. Alasan Super Indo
mengeluarkan produk store brand karena produk tersebut sangat sesuai
dengan kebutuhan masyarakat yaitu kualitas produk yang terjamin
dengan harga ekonomis. Ada 3 jenis kategori produk store brand yang
ditawarkan oleh Super Indo, yaitu Produk 365, CARE, dan bio organik.
Produk 365 terdiri dari makanan, minuman, perlengkapan rumah tangga.
Produk CARE terdiri dari handuk, sandal, aksesoris kecantikan.
Sedangkan produk bio organik yaitu beras organik. Produk store brand
Super Indo disediakan dan dijual diseluruh cabang Super Indo.
Sebagai
pendukung produk-produk lokal, dimanapun Super Indo berada, Super
Indo memiliki komitmen untuk memajukan perekonomian lokal. Dengan
bermitra dengan petani lokal, Super Indo terlibat langsung untuk
memajukan perekonomian lokal dan memberdayakan usaha kecil dan
menengah yang menjadi pemasok bagi gerai-gerai Super Indo.
Dengan
terus tumbuh dan memperluas jaringan, Super Indo kini membuka
kesempatan kerja bagi masyarakat lokal. Super Indo selalu
mengedepankan lingkungan kerja yang kondusif yang dapat menginspirasi
masyarakat luas untuk mengembangkan potensi karier bersama Super
Indo.
Saya
sebagai penulis ingin meneliti gerai Super Indo yang ada di daerah
Mangun Jaya / Tambun. Seminggu setelah peresmian gerai Super Indo
Satria Square, Super Indo kembali membuka gerai terbarunya di Bekasi
yang berlokasi di Jalan Raya Mangun Jaya, Tambun Selatan, Bekasi,
pada 18 September 2013. Gerai ke-112 Super Indo tersebut di resmikan
oleh Vice President IT Ken Wibowo didampingi Division Head Operation
1 Eric Rinaldo Syah. Setelah gerai Super Indo daerah Mangun Jaya /
Tambun di resmikan,masyarakat sekitar berbondong – bonding untuk
berbelanja ke gerai ini. Apalagi di gerai Super Indo ini semua
kebutuhan yang di butuhkan masyarakat sangatlah lengkap di bandingkan
tempat – tempat pembelanjaan atau Super Market lainnya,dengan harga
yang sangat terjangkau relative di bilang murah.
Tampak
depan Super Indo Mangun Jaya, Bekasi. Rabu, 18 September 2013
2.1
Pendapatan Daerah
Super
Indo di daerah ini pendapatan daerahnya sangatlah meningkat,karena
hampir setiap hari warga masyarakat Bekasi khususnya
Tambun,mendatangi gerai Super Indo tersebut. Karena selain harganya
terjangkau dan berkualitas bagus, semua barang-barang atau produk
yang di butuhkan masyarakat sudah tersedia lengkap di gerai Super
Indo tersebut. Apalagi tempatnya yang sangat strategis, terletak di
tengah-tengah pemukiman masyarakat.
Super
Indo dikenal sebagai Supermarket yang memiliki produk segar
yang berkualitas
2.2
Pendapatan Nasional
Sedangkan
pendapatan nasional pada gerai Super Indo selama ini PT
Lion Super Indo, pemilik gerai ritel Super Indo, membukukan
pendapatan sebesar 233,56 juta euro sepanjang 2011, naik 54,64%
dibandingkan realisasi pendapatan 2010 yang sebesar 151,03 juta euro.
Naiknya pendapatan Super Indo secara signifikan terkait pembukaan
jumlah gerai baru yang melebihi target.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar