Rabu, 02 Juli 2014

Pendapatan Daerah dan Pendapatan Nasional

Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Pada jaman sekarang persaingan ritel dalam penjualan produk semakin meningkat. Berbagai upaya dilakukan oleh peritel untuk menarik minat beli konsumen yaitu dengan merencanakan berbagai strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis. Salah satu rencana pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah peritel harus berusaha membuat produk yang dapat bersaing dengan produk nasional yaitu dengan menciptakan produk merek toko. Saat ini di setiap peritel modern semakin mudah kita jumpai produk merek toko. Perkembangan produk merek toko yang sangat pesat dapat terlihat dari semakin banyaknya jenis produk merek toko yang dipasarkan. Beberapa produk merek toko yang mudah dijumpai saat ini antara lain adalah beras, snack, krimer, kecap, sayuran beku, diapers (baby & adult), kapas, sabun, pembersih rumah, obat nyamuk, kotak sampah, roti & kue, mie instan, keset, kaos, singlet, panci, toples, electric kettle, selai, air minum, dan masih banyak lagi. Merek didefinisikan sebagai sebuah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari ini yang mengidentifiksikan produk atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan membedakan mereka dari para pesaing. Merek memiliki kekuatan untuk mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan saat melakukan pembelian produk. Store brand atau merek toko berhubungan dengan nama merek yang diciptakan secara eksklusif oleh pedagang besar atau peritel tertentu. Misalnya, produk merek Super Indo tidak akan dijumpai oleh konsumen ditoko lain, karena produk dengan merek tersebut hanya dijual di toko Super Indo. Menjamurnya produk merek toko memperlihatkan semakin kuatnya daya tawar retailer dengan pabrikan. Produk merek toko sangat membantu pengecer dalam mendapatkan posisi kompetitif yang unik di pertokoan. Dalam menjalankan aktivitas bisnis yang harus dilakukan oleh peritel pertama kali adalah berorientasi pada konsumen. Persaingan bisnis menuntut setiap peritel untuk dapat meningkatkan diferensiasi produk pada setiap produk yang akan dijual. Strategi ini dilakukan peritel agar para pelanggan tertarik dan semakin loyal pada produk merek toko yang dikeluarkan oleh peritel. Keuntungan konsumen yang diperoleh dari produk merek toko adalah harga yang ditawarkan lebih murah sehingga akan meningkatkan alternatif pada pilihan produk. Rata-rata produk merek toko lebih murah 10-30% dibandingkan produk merek nasional. Beberapa contoh ritel di Indonesia yang menggunakan produk store brand adalah Carrefour, LotteMart, Super Indo, Giant, Indomaret, Alfamart, Hypermart, Hero. Pada penelitian ini, penulis akan menggunakan toko Super Indo sebagai objek penelitian.

 1.2 Sejarah

Super Indo berkembang di Indonesia sejak tahun 1997. Menurut data dari situs web resmi Super Indo hingga akhir tahun 2012, Super Indo telah memiliki 103 gerai yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dengan jumlah 5.400 karyawan terlatih. Setiap gerai umumnya menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari.
Super Indo merupakan jaringan ritel internasional Delhaize Group, sebuah perusahaan ritel produk pangan berpusat di Brussel, Belgia yang beroperasi di tiga benua dan sebelas negara (Belgia,Amerika Serikat, Romania, Yunani, Luksemburg, Indonesia, Serbia, Bulgaria, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, serta Albania). Delhaize Group membeli 51% saham Super Indo pada tahun 1997. Delhaize Group tercatat di bursa saham Euronext (EuronextDELB) dan Bursa efek New York (NYSE: DEG). Delhaize Group memiliki lebih dari 3.451 gerai pada akhir 2012. Super Indo memiliki private brand "365" dan diluncurkan pada tahun 2006 dan telah memiliki lebih dari 140 jenis produk.Super Indo memiliki motto "Lebih segar, lebih hemat, lebih dekat."
Pembahasan


Pada kali ini saya akan meneliti toko Super Indo yang berada di cabang Bekasi. Hingga saat ini di lokasi Bekasi terdapat 17 cabang gerai Super Indo yang telah dibuka. Gerai yang ada di Bekasi berlokasi di Jatikramat, Jatimakmur, Jatibening, Kincan, Jaka Sampurna, Kalimalang, Metropolitan Mall, Borobudur, Satria Square, Cerewet, Bulak Kapal, Kaliabang, Jababeka, Pondok Ungu, Taman Harapan Baru, Mangun Jaya, Tambun.
Lokasi yang di gunakan sangatlah startegis, dimana gerai Super Indo mudah di jumpai di daerah Bekasi. Dengan jumlah gerai yang cukup banyak serta lokasi yang mendukung, diperkirakan banyak konsumen yang sering berbelanja di Super Indo. Produk merek toko Super Indo dihadirkan untuk menambah pilihan berbelanja bagi konsumen dengan produk hemat yang berkualitas dari merek Super Indo. Alasan Super Indo mengeluarkan produk store brand karena produk tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu kualitas produk yang terjamin dengan harga ekonomis. Ada 3 jenis kategori produk store brand yang ditawarkan oleh Super Indo, yaitu Produk 365, CARE, dan bio organik. Produk 365 terdiri dari makanan, minuman, perlengkapan rumah tangga. Produk CARE terdiri dari handuk, sandal, aksesoris kecantikan. Sedangkan produk bio organik yaitu beras organik. Produk store brand Super Indo disediakan dan dijual diseluruh cabang Super Indo.
Sebagai pendukung produk-produk lokal, dimanapun Super Indo berada, Super Indo memiliki komitmen untuk memajukan perekonomian lokal. Dengan bermitra dengan petani lokal, Super Indo terlibat langsung untuk memajukan perekonomian lokal dan memberdayakan usaha kecil dan menengah yang menjadi pemasok bagi gerai-gerai Super Indo.
Dengan terus tumbuh dan memperluas jaringan, Super Indo kini membuka kesempatan kerja bagi masyarakat lokal. Super Indo selalu mengedepankan lingkungan kerja yang kondusif yang dapat menginspirasi masyarakat luas untuk mengembangkan potensi karier bersama Super Indo.
Saya sebagai penulis ingin meneliti gerai Super Indo yang ada di daerah Mangun Jaya / Tambun. Seminggu setelah peresmian gerai Super Indo Satria Square, Super Indo kembali membuka gerai terbarunya di Bekasi yang berlokasi di Jalan Raya Mangun Jaya, Tambun Selatan, Bekasi, pada 18 September 2013. Gerai ke-112 Super Indo tersebut di resmikan oleh Vice President IT Ken Wibowo didampingi Division Head Operation 1 Eric Rinaldo Syah. Setelah gerai Super Indo daerah Mangun Jaya / Tambun di resmikan,masyarakat sekitar berbondong – bonding untuk berbelanja ke gerai ini. Apalagi di gerai Super Indo ini semua kebutuhan yang di butuhkan masyarakat sangatlah lengkap di bandingkan tempat – tempat pembelanjaan atau Super Market lainnya,dengan harga yang sangat terjangkau relative di bilang murah.
Tampak depan Super Indo Mangun Jaya, Bekasi. Rabu, 18 September 2013
2.1 Pendapatan Daerah
Super Indo di daerah ini pendapatan daerahnya sangatlah meningkat,karena hampir setiap hari warga masyarakat Bekasi khususnya Tambun,mendatangi gerai Super Indo tersebut. Karena selain harganya terjangkau dan berkualitas bagus, semua barang-barang atau produk yang di butuhkan masyarakat sudah tersedia lengkap di gerai Super Indo tersebut. Apalagi tempatnya yang sangat strategis, terletak di tengah-tengah pemukiman masyarakat.

Super Indo dikenal sebagai Supermarket  yang memiliki produk segar yang berkualitas

2.2 Pendapatan Nasional
Sedangkan pendapatan nasional pada gerai Super Indo selama ini PT Lion Super Indo, pemilik gerai ritel Super Indo, membukukan pendapatan sebesar 233,56 juta euro sepanjang 2011, naik 54,64% dibandingkan realisasi pendapatan 2010 yang sebesar 151,03 juta euro. Naiknya pendapatan Super Indo secara signifikan terkait pembukaan jumlah gerai baru yang melebihi target.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar