Pemasaran adalah
salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka
kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung
dalam kaitannya dengan pasar.
Pemasaran merupakan proses kegiatan dari produsen ke tangan
konsumen. Pemasaran juga selalu dikaitkan dengan pasar kerena pasar merupakan
tempat dimana para produsen menawarkan produk mereka kepada konsumen.
Fungsi utama
pemasaran :
·
Untuk memberikan informasi tentang produk yang
dijual perusahaan
·
Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen
·
Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang
Konsep Pemasaran
:
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar
pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep
produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep
pemasaran global. :
1. Konsep Produksi
: Berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana mana dan
harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan
segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.
Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena
konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya
beli mereka.
2. Konsep Produk
: Berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu,
performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat
produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi
dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3. Konsep Penjualan
: Berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus
melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep Pemasaran
: Berpendapat bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari
penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang
diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep Pemasaran Sosial
: Berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan
kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara
yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan
atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran
Global : Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya
memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui
manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi
keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
Konsep pemasaran
tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus
berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan
perusahaan, dan bukannya volume untuk
kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus
dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Tujuan utama
konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba,
atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang
layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan
perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah
pabrik, kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan
pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan
konsumen terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan.
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah segala
target dan kebijakan marketing yang telah ditetapkan oleh perusahaan melalui
bagian pemasaran. Berdasarkan waktunya, tujuan pemasaran dibagi menjadi dua,
yaitu :
A. Jangka Pendek
:
Yang meliputi target penjualan secara menyeluruh pada tiap
periode yang telah di tetapkan, misalnya target penjualan per kwartal, target
penjualan tahunan dll.
B. Jangka Panjang
:
Menanamkan kekuatan citra produk di pasar. Sehingga memiliki
segmen pasar yang jelas dan stabil serta dikenal banyak orang.
Pada prakteknya, kedua tujuan ini umumnya disusun
berdasarkan :
Target Pasar
Menentukan target pasar adalah hal yang sangat mempengaruhi
hasil penjualan nantinya. Survey dan analisa mendalam diperlukan untuk dapat
menetapkan target pasar se-spesifik mungkin. Kesalahan menetapkan target pasar
dapat berakibat sangat fatal, yaitu kegagalan penjualan. Beberapa data target
pasar berikut dapat dijadikan acuan :
- Demografi pasar (Jenis Kelamin, Usia, Kelas Sosial dsb)
- Kondisi wilayah pemasaran
- Tingkat ekonomi wilayah
Kebutuhan Konsumen
Memahami tingkat kebutuhan konsumen terhadap suatu produk
yang akan kita tawarkan adalah juga sangat mempengaruhi strategi pemasaran dan
target penjualan nantinya. Produk bahan pokok relatif tidak membutuhkan promosi
yang terlalu spesifik, akan tetapi untuk produk non-bahan pokok apalagi jika
produk baru perlu ditunjang dengan strategi promosi yang tepat dan terencana.
Kepuasan Konsumen
Sasaran utama dalam setiap tujuan pemasaran adalah konsumen
yang puas. Kepuasan konsumen ini sebisa mungkin dapat diukur, sehingga
kontinuitas perbaikan tetap dapat dilakukan.
Strategi Pemasaran
Terpadu
Komunikasi dan strategi pemasaran harus dibangun secara
cermat berdasarkan semua data yang telah dikumpulkan dan tetap dapat dikontrol
pelaksanaannya sehingga proses perbaikan terus terjadi. Sifat strategi
pemasaran harus lah dinamis dan mengikuti perkembangan tanpa
meninggalkan/melupakan citra produk yang ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar