Perdagangan
internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara
dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang
dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara
individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan
pemerintah negara lain.
Di berbagai negara,
perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan
GDP. Perdagangan internasional merupakan hubungan kegiatan ekonomi antar negara
yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang dan jasa atas dasar suka
rela dan saling menguntungkan. Perdagangan Internasional juga dikenal dengan
sebutan perdagangan dunia. Perdagangan Internasional terbagi menjadi dua bagian
yaitu impor dan ekspor, yang biasanya disebut sebagai perdagangan ekspor impor.
Adapun manfaat dari perdagangan internasional seperti
beikut :
- Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di
negeri sendiri.
- Memperoleh keuntungan dari spesialisasi.
- Memperluas daerah pasar dan menambah keuntungan.
- Transfer teknologi modern.
Namun di balik
semua ini adapun efek dari perdagangan internasional yaitu adalah munculnya
pihak produsen dan konsumen. Mereka negara yang mampu menghasilkan produk-produk
dagangan yang dibutuhkan negara lain akan menyandang status produsen. Sedangkan
negara yang tak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri akan menjadi konsumen
bahkan tidak jarang mereka yang terikat dalam ikatan perdagangan internasional
ini karena negaranya memang benar-benar tidak bisa memenuhi kehidupan negaranya
sendiri. Sebagai salah satu contoh adalah inflasi ekonomi yang terjadi di
Amerika Serikat. Inflasi ini terjadi karena begitu besarnya konsumsi BBM yang
tidak bisa dipenuhinya sendiri sehingga mau tidak mau mereka harus mengimpornya
dari negara timur tengah.
Indonesia pun kini telah menjadi salah satu negara yang
sangat dilirik dalam perdagangan internasional. Kurangnya kebijakan yang
mendukung “cintai produk bangsa” dan jumlah penduduk yang terus berkembang
pesat membuat Indonesia salah satu pangsa pasar yang begitu diperhatikan. Lihat
saja bagaimana prosen motor jepang menjajankan produknya bahkan menghadirkan
bintang-bintang moto GP untuk menarik minat konsumen. Begitu juga vendor-vendor
ponsel pintar yang semakin menggeliat dipasaran Indonesia.
Perdagangan
Internasional adalah suatu hal yang positif namun akan jadi negatif apabila
negara kita terus menerus menjadi konsumen. Cintai produk sendiri dan mencoba
kreatif dengan melakukan inovasi-inovasi yang dibutuhkan dunia adalah langkah
efektif untuk mendapatkan efek positif sebagaimana definisi perdagangan
internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar