Senin, 25 November 2013

Mendistribusikan Produk Dengan Cepat dan Efisien

Munculnya Perantara Pemasaran
     Perantara pemasaran adalah adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir.
     Saluran distribusi adalah saluran perantara pemasaran, seperti agen, calo, perantara grosir, dan perantara ritel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur (atau saluran) dari produsen ke konsumen.
     Agen atau calo adalah dalah perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang.
     Perantara grosir adalah perantara pemasaran yang menjual kepada organisasi lain.  Peritel adalah organisasi yang menjual pada konsumen akhir.

Utilitas Yang Diciptakan Perantara
     Utilitas dalam ilmu ekonomi adalah kemampuan memuaskan keinginan, atau nilai yang ditambahkan pada orgabisasi pada barang atau jasa pada saat produk dibuat menjadi lebih berguna atau lebih mudah diakses konsumen dibanding sebelumnya.
        Berikut beberapa perantara enam utilitas pemasaran antara lain: 
          a.       Utilitas bentuk diberikan terutama oleh produsen dibandingkan dengan perantara.
          b.      Utilitas waktu menambahkan nilai pada produk dengan cara membuat produk-produk tersebut tersedia saat dibutuhkan.
          c.       Utilitas tempat  menambahkan nilai pada produk dengan cara menaruh barang ditempat oaring-orang menginginkannya.
          d.      Utilitas kepemilikan  melakukan apa pun yang perlu untuk memindahkan kepemilikan dari satu pihak ke pihak lain, termasuk memberikan kredit pengantaran, pemasangan, jaminan, dan layanan lanjutan.
          e.       Utilitas informasi  menambahkan nilai pada produk dengan cara membuka arus infomasi dua arah antarpeserta pemasaran.
          f.       Utilitas layanan  menambahkan nilai dengan cara menyediakan layanan yang cepat dan ramah selama dan setelah penjualan dan dengan cara mengajarkan pelanggan bagaimana cara terbaik menggunakan produk dengan berlalunya waktu.

Perantara Grosiran
     Pedagang grosir adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan barang yang mereka tangani. 
     Rack jobbers adalah pedagang grosir yang mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi peritel, memajang produk, dan menjual atas dasar konsinyasi.
     Pedagang grosir bayar dan bawa adalah pedagang grosir yang terutama melayani peritel-peritel berukuran lebih kecil dengan jenis produk yang lebih terbatas.
     Drop shippers adalah pedagang grosir yang meminta pesanan dari para peritel dan perantara grosir lainnya lalu mengatur agar barang dagangan diantar langsung dari produsen ke pembeli.

Perantara Ritel
Berikut dibawah ini beberapa strategi distribusi ritel :
          a.       Distribusi intensif adalah distribusi yang meletakan produk di sebanyak mungkin tempat.
          b.      Distribusi selektif memilih hanya beberapa toko di satu pasar terpilih.
          c.       Distribusi eksklusif hanya menggunakan satu toko di setiap wilayah pasar.

Membangun kerjasama dalam sistem saluran
          a.    Sistem distribusi korporat
          b.    Sistem distribusi kontrak
          c.    Sistem distribusi yang diatur
          d.    Rantai persediaan

Memilih Mode Transportasi Paling Tepat
          a.   Kereta cocok untuk pengiriman jumlah besar.
          b.   Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi jauh.
          c.   Angkutan air tidak mahal, tetapi lambat.
          d.   Jalur pipa cepat dan efisien.   
          e.   Transportasi udara cepat, tetapi mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar